21.4 C
Indonesia
Februari 26, 2024
BedahBerita.id
Uncategorized

Bupati Dan Wakil Bupati Kepahiang Salurkan Sembako Di Kecamatan Tebat Karai

Kepahiang BB, Sebanyak 1.518 paket sembako program Jaringan Pengaman Sosial (Social Safety Net) untuk wilayah kecamatan Tebat Karai disalurkan. Penyaluran sembako tersebut langsung dipimpin Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU Rabu (29/04).

Bupati menyampaikan bahwa sembako ini akan diserahkan kepada masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, sesuai dengan data yang dikumpulkan secara berjenjang dari Desa/Keluarahan, Kecamatan dan diverifikasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang.
“Bantuan ini tujuannya tidak lain untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung akibat Covid-19 ini,” kata Bupati.

Dok. KOMINFO Kabupaten Kepahiang

Bupati juga menegaskan kepada camat dan kepala desa jika nanti ada masyarakat yang nyata-nyata dan layak namun belum mendapatkan bantuan apapun agar dapat melaporkan kembali ke Camat dan Dinas Sosial.
“Yang menerima adalah orang Kepahiang ditandai dengan NIK/KTP Kepahiang dengan kriteria lansia yang sudah tidak mampu bekerja, anak yatim piatu, buruh harian yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19 ini. Jangan sampai yang mendapatkan hanya karena hubungan kedekatan,” tegas Bupati.

Saat pembagian di kecamatan Merigi beberapa waktu yang lalu
Bupati juga menjelaskan, bahwa Pemkab Kepahiang telah melakukan refocusing dan realokasi APBD Kabupaten Kepahiang. Tahap pertama sudah bisa sekitar Rp. 12 Milyar.
“Tapi ini bukan harga mati, kalau perkembangan eskalasi berkembang tentu akan nambah lagi. Kami sudah dapat dari TAPD bahwa anggaran kita bisa saja mencapai hingga Rp. 38 Milyar. Tapi itu harus disesuaikan dengan perkembangan situasi, eskalasinya seperti apa, oleh karena itu saya sangat hati-hati mengalokasikan, merealokasikan dari APBD. Banyak perjalanan dipangkas, termasuk perjalanan dinas saya dipangkas Rp. 500 juta, Wabup dan Sekda juga dipangkas,” terang Bupati.

Dalam hal sembako ini Pemkab Kepahiang bekerjasama dengan Bulog, karena Bupati Hidayat menilai bahwa Bulog profesional.

“Saya yakin Bulog profesional dan harganya tidak tinggi dan kualitas juga bagus. Makanya saya mengajak Bulog kerjasama dengan Pemda Kepahiang. Saya sadar ini uang rakyat,” ujar Bupati.

Dijelaskannya, bahwa satu paket sembako bernilai Rp. 150 ribu dengan rincian 10 kg beras, satu liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 kg tepung terigu dan 1/2 karpet telur.

Pada kesempatan itu juga Wakil Bupati Kepahiang Netti Herawati, S.Sos selaku Ketua GOW Kabupaten Kepahiang berkesempatan membagikan sebanyak 1000 lembar masker untuk kecamatan Tebat Karai.

Dok. KOMINFO Kabupaten Kepahiang

Wabup juga berharap peran perangkat desa untuk mensosialisasikan pentingnya pencegahan Covid-19 ini.

“Saya berharap Kades memberikan pengertian dan edukasi kepada masyarakatnya untuk pencegahan Covid-19 ini,” sampai Wabup.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis sembako dari Bupati Kepahiang kepada Camat Tebat Karai serta penyerahan masker dari GOW kepada Camat Tebat Karai. (bcp)

Related posts

Terindikasi Sapi Bantuan Dijual, Anggota Kelompok Meradang

Admin Bedah Berita

Anggaran Kurang Lebih 590 Juta Belum 5 Bulan Bangunan Jalan Sudah Rusak

Admin Bedah Berita

DANA 464.804.000 GEDUNG SMAN 07 KEC.MUARA KEMUMU KAB.KEPAHIANG DI DUGA DI BUAT ASAL JADI.

Admin Bedah Berita

Leave a Comment

error: Content is protected !!